Liputan7upcash – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan pemerintah sudah mengetahui dalang di balik kerusuhan dalam serangkaian aksi 22 Mei. Menurutnya, dalang itu diketahui setelah pihak berwenang melakukan penyelidikan.
"Sebenarnya, dari hasil penyelidikan, kita sudah tahu dalang di balik tindakan itu," kata Wiranto di Kantor Kementerian Koordinator Politik dan Keamanan, Jakarta, Rabu (22/5).
Wiranto mengatakan bahwa pemerintah mengetahui semua kegiatan para pihak yang ingin melakukan tindak pidana. Namun, lanjutnya, tindakan terhadap mereka yang ingin melakukan tindak pidana tetap harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Namun, Wiranto menekankan bahwa fenomena kerusuhan itu merupakan upaya untuk membangun kebencian terhadap anti pemerintah. Bahkan, katanya, ada tindakan brutal yang dilakukan oleh kelompok lain selain para demonstran yang dibayar preman.
"Mereka menyerang petugas, merusak asrama polisi di Petamburan, membakar sejumlah kendaraan, dan tindakan brutal lainnya," katanya.
"Saya bilang tidak, sehingga tidak ada fakta yang bengkok. Saat menghadapi demonstrasi, pasukan keamanan diinstruksikan oleh Kapolri, Panglima TNI untuk tidak bersenjata. Senjata disimpan di gudang. Aparatnya menggunakan perisai dan pentungan," Wiranto kata.
"Sehingga pasukan keamanan tidak mungkin membunuh orang-orang dalam demonstrasi," tambah Wiranto.
Pos Wiranto berjudul Sudah Saku Riot 22 Mei muncul pertama kali di News Today – Berita Harian Terkini Terbaru.



Source link