DISTRIK HIGASHIYAMA – Perjalanan Sehari di Kyoto

Selesai berkeliling di komplek kuil Kiyomizu, kali ini kita akan menyusuri area distrik Higashiyama. Distrik ini letaknya dekat dengan kuil Kiyomizu. Menyusuri distirk Higashiyama, Anda akan disuguhi suasana bak kembali ke zaman Edo. Distrik Higashiyama terbentang di bagian Timur kota Kyoto, dan merupakan salah satu distrik bersejarah yang dijaga dengan sangat baik. Rasanya distrik ini menjadi tempat terbaik untuk merasakan suasana Kyoto di masa lalu.

Baca juga : Distributor genset 200 Kva di Tangerang

Di tepi jalan setapak di distrik ini, tersebar bangunan berbahan kayu dengan gaya arsitektur tradisional. Pemerintah setempat bahkan mengganti material jalan dan memindahkan tiang-tiang telepon demi menjaga keaslian kawasan ini. Toko-toko kecil yang tersebar di distrik Higashiyama menyuguhkan berbagai spesialisasi lokal, mulai dari makanan khas, keramik, hingga kerajinan tangan.

Toko-toko ini buka dari pukul 6 pagi hingga 6 sore. Maka sebaiknya Anda mengunjungi distrik Higashiyama di pagi hingga siang hari. Masih di distrik Higashiyama, Anda akan menemukan jalan setapak dengan tangga berundak. Area ini disebut Ninen-zaka (Bukit 2 Tahun) dan Sannen-zaka (Bukit 3 Tahun). Teruslah berjalan melewati Ninnen-zaka dan Sannen-zaka, Anda akan mengarah ke tempat menarik selanjutnya.

KINKAKUJI

Puas mengelilingi kuil Yasaka, kali ini kita akan menaiki bis untuk menuju tempat selanjutnya. Berjalanlah ke halte Gion yang berada di dekat kuil Yasaka, kemudian naiki bis nomor 12 dan turun di halte Kinkakuji-mae. Gerbang menuju Kinkaku-ji berada tepat di seberang halte ini. Memasuki kawasan Kinkaku-ji, Anda akan disambut suasana alam dengan pepohonan yang berderet di tepi jalan setapak. Kinkaku-ji merupakan kuil Buddha Zen, dan salah satu situs paling terkenal di Kyoto. Kuil ini popular dengan nama Temple of the Golden Pavilion (paviliiun emas).

Awalnya kuil Kinkaku-ji merupakan sebuah villa bernama Kitayama-dai milik Saionji Kintsune. Namun di tahun 1397, villa ini dibeli oleh kaisar Ashikaga Yoshimitsu, dan diubah menjadi komplek Kinkaku-ji. Akibat beberapa kali kerusakan, paviliun ini direstorasi sesuai bentuk aslinya di tahun 1955. Paviliun setinggi 12,5m ini memiliki 3 lantai, dengan interior bertema berbeda di tiap lantai. Proses restorasi pun baru selesai tahun 2003.

KUIL YAKASA

Berjalan terus menyusuri jalan setapak di distrik Higashiyama, Anda akan sampai di kawasan kuil tua lainnya. Kuil Yasaka–dikenal juga sebagai kuil Gion–merupakan salah satu kuil paling terkenal di Kyoto. Kuil Yasaka diperkirakan mulai dibangun tahun 656. Kuil ini mudah sekali ditemukan, karena berada di tepi jalan utama yang merupakan batas antara distrik Higashiyama dan kawasan populer Gion.

Tempat ini paling menarik untuk dikunjungi di musim semi dan musim panas. Saat musim semi, taman Maruyama yang ada di area kuil Yasaka menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi untuk melihat bunga sakura. Sedangkan saat musim panas, jangan lewatkan festival Gion Matsuri. Festival paling popular di Jepang ini diadakan tiap bulan Juli.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *