Cara Menghilangkan Ngorok – Ngorok atau mendengkur mungkin pernah dialami oleh kebanyakan orang. Ngorok seringkali diidentikkan dengan kaum lelaki, namun pada kenyataannya sebagian wanita juga bisa mengalaminya. Ngorok bisa terjadi karena kebiasaan ataupun adanya hal – hal tertentu yang mempengaruhinya.

Suara ngorok yang terlalu keras mungkin bisa membuat Kita minder terlebih jika sedang menginap dan tidak hanya mengganggu orang yang mengalaminya tapi juga bisa mengganggu orang lain di sekitarnya. Kebiasaan ngorok yang parah dapat menyebabkan kurang tidur dan kelelahan di siang hari, cepat marah serta kondisi kesehatan lainnya. Bahkan terkadang seseorang yang mengorok dapat menyebabkan pasangannya menjadi terganggu tidurnya.

Baca Juga: Manfaat Memelihara Kucing Anggora

Beberapa kasus di luar negeri pasangan yang memiliki kebiasaan ngorok berdampak pada keharmonisan rumah tangga. Untuk menghindari masalah – masalah tersebut sebaiknya Anda mencoba cara menghilangkan ngorok.

Ngorok terjadi saat seseorang tidak bisa mengeluarkan udara bebas melalui hidung dan tenggorokan pada saat tidur. Udara pernapasan yang tidak dapat keluar masuk secara bebas akan menyebabkan jaringan di sekitarnya bergetar dan biasanya menghasilkan suara ngorok yang khas.

Jangan Minder, Ini Cara Menghilangkan Ngorok Dirumah

Apakah Anda punya kebiasaan ngorok dan membuat orang di sekitar terganggu karenanya? Jika hal itu cukup mengganggu diri Anda sendiri maupun orang di sekitar, sebaiknya Anda mencoba cara menghilangkan ngorok berikut ini.

1. Atur posisi tidur Anda dengan benar

Ngorok bisa disebabkan karena posisi tidur yang salah ataupun karena cara penggunaan bantal yang salah. Posisi telentang saat tidur dapat membuat lidah tertarik ke belakang yang mengakibatkan terjadinya penyempitan aliran udara sehinga memicu getaran dan suara ngorok. Posisi tidur yang dapat mencegah ngorok adalah posisi miring ke samping. Jika Anda tidak ingin tidur ngorok, hindari tidur dengan posisi telentang atau tengkurap.

Selain posisi tidur, Anda juga perlu memperhatikan cara penggunaan bantal saat tidur. Kepala yang berada jauh di belakang posisi bantal dapat menyebabkan ngorok. Letakkan kepala 4 inch dari posisi biasanya untuk membersihkan tenggorokan Anda sehingga meminimalisir munculnya suara ngorok.

2. Tidur yang cukup

Kelelahan seringkali menjadi penyebab terjadinya ngorok pada saat tidur. Aktivitas yang membuat seseorang lelah secara fisik dan pikiran dapat menyebabkan ngorok. Bukan hanya pria saja, tapi wanita yang kelelahan juga bisa mengalami ngorok pada saat mereka tidur.

Untuk mengatasi masalah tersebut, istirahatlah yang cukup dan tidurlah selama 7 – 8 jam. Hindari kebiasaan begadang agar tidak memperburuk kondisi kesehatan Anda.

3. Menurunkan berat badan agar menjadi ideal

Sebagian besar orang yang memiliki obesitas mengalami ngorok saat tidur. Hal ini terjadi karena lipatan lemak di bagian leher orang yang gemuk menyebabkan penyempitan diameter tenggorokan sehingga aliran udara menjadi terhalang.

Jika Anda memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, turunkanlah berat badan Anda dengan rajin berolahraga dan terapkan pola hidup sehat. Cara menghilangkan ngorok ini akan efektif saat Anda memiliki berat badan yang ideal.

4. Membersihkan sinus

Membersihkan bagian sinus di hidung Anda sebelum tidur merupakan salah satu cara menghilangkan ngorok. Jika sinus kotor akan menyebabkan udara terhalang saat keluar masuk. Kondisi tersebut dapat memicu ngorok pada saat Anda tidur. Keluarkanlah kotoran dari sinus Anda dengan cara mengeluarkan udara yang keras melalui hidung.

5. Menghirup uap air hangat sebelum tidur

Untuk menghilangkan ngorok, Anda harus memastikan hidung Anda bersih sehingga udara yang keluar masuk tidak terhambat. Dengan menghirup uap air hangat selama 10 menit sebelum tidur dapat mengurangi kebiasaan ngorok Anda.

6. Menghindari kebiasaan merokok

Rokok tidak hanya memicu timbulnya penyakit, tapi rokok juga dapat memicu timbulnya kebiasaan ngorok. Orang yang merokok berpotensi selaput lendir pada saluran pernapasan menjadi teriritasi. Akibatnya iritasi tersebut dapat berubah menjadi pembengkakan yang meningkatkan produksi lendir. Saluran pernapasan akan tersumbat saat produksi lendir berlebih. Tersumbatnya saluran pernapasan inilah yang menyebabkan timbulnya suara ngorok.

7. Menghindari konsumsi minuman beralkohol dan obat penenang

Cara menghilangkan ngorok dengan menghindari konsumsi alkohol maupun obat penenang. Pasalnya minuman beralkohol dan obat penenang dapat membuat otot – otot di belakang tenggorokan terus bekerja saat tidur sehingga memicu munculnya ngorok.

8. Melakukan yoga dan rileksasi tubuh

Yoga merupakan salah satu cara menghilangkan ngorok. Dengan melakukan latihan yoga akan membantu Anda lebih rileks. Selain yoga, Anda juga dapat merileksasi tubuh Anda pada saat sebelum tidur dengan cara senam ringan, mendengarkan musik yang slow dan memasang aromatherapy di kamar Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *