Tentu saja dengan adanya alat pengaduk adonan mi tentu sangat menolong karena kita tidak perlu menyediakan tenaga SDM untuk pengaduk adonan.

Biasanya mikser untuk mengaduk mi ini juga, bisa difungsikan untuk mengaduk adonan roti. Salah satu merek mikser yang bisa Anda temukan di pasaran adalah Ichibo. Ketika memulai usaha, mungkin Anda tidak membutuhkan mikser dalam ukuran besar karena produksinya belum besar. Anda bisa mencari mikser ukuran kecil karena mikser pengaduk Ichibo punya berbagai ukuran.

Ada yang volumenya 10, 20, 30, sampai 40 liter. Itu artinya bisa memenuhi 1, 5, 6, dan 12,5 kilogram tepung terigu. Tentu saja makin besar kapasitanya, makin tinggi daya listirknya.

Mikser seperti ini membutuhkan tenaga listrik antara 450 watt sampai 1.500 watt. Dengan kata lain, mesin ini cukup hemat listrik. Mesin ini juga suda didesain sedemikian rupa hingga tidak mudah sekalipun dioperasikan dalam waktu lama.

Baca Juga: Tips Memilih Ruangan Kerja

Bukan itu saja yang harus diperhatikan ketika memilih mikser. Bahannya harus stainless steel agar aman untuk makanan. Mikser ini, ditawarkan dengan harga 4, 5 juta – 12,5 juta per unitnya.

Setiap pembelian satu unit mixer akan mendapatkan 3 baling – baling terdiri atas beater, hook, dan sweep. Untuk mencampur adonan yang biasa digunakan adalah beater.

Hock biasa untuk membuat adonan roti. Sedangkan sweep berfungsi untuk membuat krim.

Selanjutnya yang Anda butuhkan adalah mesin noodle maker. Ichibo juga menyediakan mesin seperti ini. Bahkan ada dua jenis, yang portable dan standing.

Keduanya punya kelebihan sendiri-sendiri. Mesin penggiling mi berguna untuk membuat adonan jadi tipis sekaligus memotongnya hingga menjadi mi yang langsung dan panjang.

Pemotong minya hanya berukuran lebar. Ada dua pilihan ukuran lebar mi yaitu 3 milimeter dan 6 milimeter.

Sedangkan tingkat ketebalannya bisa diatur dengan mengencangkan atau mengendurkan baut yang ada di bagian depannya. “ Semakin kencang bautnya, semakin tipis adonannya,” tutur Krisna.

Mesin yang dioperasikan dengan bantuan tenaga listrik ini ditawarkan dengan harga Rp 1.950.000 jenis portable, sedangkan jenis standing Rp 4.950.000.

NOODLE COOKER Ichibo juga mengeluarkan mesin untuk memasak mi. Juga ada yang standing dan portable. Setiap alat terdiri atas 6 lubang pemasak mi dan saringan mi. Khusus untuk jenis standing dilengkapi tempat kaldu.

Tempat kaldunya berbentuk kotak dan posisinya ada disamping pemasak mi. Mesin yang dioperasikan dengan bahan bakar gas ini ditawarkan dengan harga Rp 5.250.000 untuk noodle cooker portable.

Karena mi jenis standing banyak dipesan pemiliki usaha mi karena dapat memasak mi dan kuah secara bersamaan dalam satu alat sehingga dalam sekali pengunaan dapat membuat mi lebih banyak dan juga dapat menghemat biaya penegeluaran bukan?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *