Musim Hujan, Saat Tepat Merancang Taman bersama Kontraktor Semarang CV Ratulangi Teknik. Anda sedang ingin membuat taman atau merenovasinya? Musim hujan ini adalah waktu yang tepat mengenali kondisi lahan untuk taman Anda. Astrid (31) seorang ibu rumah tangga, tinggal di BSD, menceritakan pengalaman pahitnya yang terjadi 3 tahun lalu. Impiannya memiliki rumah yang di sekitarnya dikelilingi taman indah, akhirnya terwujud. Saat itu, dia diminta suami berhenti bekerja setelah lahirnya sang buah hati. Semenjak itu, untuk mengisi aktivitasnya di rumah, Astrid pun mulai merealisasikan mimpinya dengan merancang taman yang cantik, tanpa bantuan ahli.

Perlahan tapi pasti, akhirnya taman impian pun terwujud. Saat itu, sang suami dan keluarga besar yang datang berkunjung ke rumah memuji hasil karya Astrid yang bisa menyulap pekarangan menjadi taman cantik. Hanya, taman yang dibuat dengan susah payah itu nyatanya tak dibisa dinikmati dalam jangka waktu lama. Musim hujan yang turun dan curah hujan dengan intensitas yang tinggi, menghancurkan hasil karyanya. Beberapa area di taman digenangi air. Ada beberapa pohon yang tumbang, bahkan mati karena akarnya busuk terendam air.

Setelah musim hujan mulai reda, Astrid mencoba merapikan tanamannya. Hanya, tekadnya membuat taman tak sekuat dulu. Ia seakan trauma merancang taman karena takut rusak. Apalagi, biaya yang ia keluarkan saat itu tidak sedikit. Bahkan, saat ini taman yang ia miliki hanya seadanya. Ada keinginan untuk membuat taman baru, tapi ia takut jika hujan menghancurkannya lagi.

Hujan, Tak Perlu Ditakuti Apa yang dialami Astrid, mungkin saja terjadi pada Anda. Pertanyaannya, apa yang harus dilakukan agar kejadian tersebut tidak menimpa Anda? Menurut Megawati Rahmat, ST, arsitek lansekap. hujan memang dapat membuat banyak masalah terhadap taman Anda di rumah. “Masalahnya itu banyak, dari mulai becek, tanaman roboh dan patah, hingga masalah pembusukan pada akar yang pada akhirnya membuat tanaman mati,” ucap Mega.

Tetapi, Mega menegaskan jangan lihat sisi negatifnya saja, karena banyak hal positif yang dapat Anda peroleh dengan adanya hujan. “Melalui hujan, selain Anda diringankan karena enggak harus menyiram tanaman, ada banyak hal yang dapat Anda pelajari dari hujan dan menjadikan itu pedoman dalam merancang taman yang akan Anda buat,” ucap wanita lulusan Institut Pertanian Bogor ini. Lantas, apa yang dapat Anda lakukan agar taman bertahan baik di musim hujan maupun kemarau. Ini dia 5 hal yang harus diperhatikan menurut Mega.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *