Ikan tongkol yang murah bisa jadi teman usaha yang sangat “bersahabat”. Banyak olahan yang bisa kita buat dari jenis ikan ini.

Steak salah satunya. Mau yang lain? Simak ulasan berikut seperti dikutip dari halaman Souljournal.

Tips Mengelola Ikan Menjadi Lebih Mahal Dijual

ikan

  1. Kebab Ikan

Kebab Ikan Ikan yang harganya murah paling mudah kita manfaatkan untuk jualan. Dibuat kebab, misalnya. Larasati Anggraini, Mahasiswi IPB jurusan Ilmu Tehnologi Pangan mencoba menawarkan kebab dari ikan tongkol untuk dijadikan usaha.

“Harga ikan tongkol murah, mudah ditemui di pasar tradisional dan bisa cepat disajikan,’ tutur Laras.

Agar lebih menarik pembeli, Larasati membuat tiga macam Kebab ikan, tampil dengan 3 rasa original (paduan ikan dan mayones), saus curry (paduan ikan dan saus kari), dan tropical fruit (paduan ikan dan buah tropis seperti . pisang, belimbing, dan jambu air dengan mayones.

PROSES PRODUKSI Langkah per tama adalah proses menggoreng, daging ikan tongkol digoreng yang diikuti dengan penyuwiran. Tongkol suwir ini harus ditumis bersama bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan lada.

Masih ada tambahan saus sesuai yang diinginkan atau dipilih tentu saja. Untuk kulitnya, Laras menggunakan kulit kebab yang sudah tersedia dalam bentuk beku. Sebelum disajikan, kulit bisa dipanaskan di dalam pan berbahan Teflon dan diisi dengan adonan isinya. Setelah dilipat, kebab pun bisa langsung disajikan.

  1. Steak Ikan

Menjual olahan ikan juga bisa dalam bentuk steak. Muhammad Rezza Noviandi. Mahasisiwa IPB, jurusan ilmu ekonomi, sang pencetus ide, menggunakan ikan tongkol sebagai bahan utama pembuatan steak.

“ Harganya murah, lebih mudah di dapatkan dan menampilkan ikan dalam bentuk berbeda, “ tutur Rezza. PROSES PRODUKSI Membuat steak ikan tidak sulit, kok seperti yang Ia katakana kepada Web Soulofren.

Tinggal mencampur Ikan tongkol fillet dan bumbu halus. Bumbu halusnya terdiri dari merica, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe dan daun jeruk. Ikan kemudian dipanggang.

Sebagai pelengkapnya, tambahkan saus sambal. Kemasannya bisa dibuat cantik dari karton atau kalau harganya belum menjangkau, gunakan saja mika.

Baca Juga: Cara Memasak Pepes Ikan

  1. Abon Ikan

Mr A Bone Selama ini tulang ikan hanya dimanfaatkan untuk makanan ternak. Padahal kalau mau, tulang juga bisa kita jadikan sesuatu. Misalnya, Abon Ikan seperti yang dilakukan oleh Rinaldy Ardana Harahap,

Mahasisiwa IPB ini mencampur tulang dan daging ikan, disulap jadi abon. Ide ini bukan saja menghasilkan uang, tetapi bisa menaikan harga tulang ikan dan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

PROSES PRODUKSI Langkah awal adalah proses mengukus ikan dan daging tongkol, kukus,dinginkan. Berikutnya menumis bumbu halus yang teridiri dari bawang merah, bawang putih, gula merah, cabai merah dan ketumbar hingga harum.

Tulang dan daging ikan dimasukkan kemudian dan ditumis hingga kering dan kecokelatan. Abon ikan ini pasti laris-manis, terutama kalau pengemasan pun kita perhatikan sehingga menarik perhatian pelanggan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *