Windows Phone – Kenali Fitur BBM Versi Windows Phone

Meski belum lengkap, kehadiran BBM di Windows Phone tetap ditunggu penggila chat messenger. Setelah terbilang cukup lama dinanti, akhirnya aplikasi chat populer Blackberry Messenger atau lebih dikenal dengan BBM, hadir juga di platform Windows Phone (WP). Hanya saja BBM versi WP memiliki sedikit perbedaan dengan versi lainnya (Blackberry, iOS, dan Android) di mana pengguna akan mendapati fitur yang lebih sedikit dan sederhana.

Sumber : Gigapurbalingga

Hingga artikel ini dibuat, BBM untuk WP masih menggunakan versi 1.0 dan Blackberry sendiri ke depannya memang telah berencana akan menambahkan fitur-fitur lainnya. Berikut beberapa fitur yang ada pada BBM ‘versi awal’ di Windows Phone. Tile interface Blackberry memutuskan untuk menggunakan tampilan BBM yang agak berbeda dengan versi untuk Blackberry, Android ataupun iOS. Dengan tampilan kotak-kotak (tile), pihak Microsoft memang telah meminta kepada pihak pengembang agar BBM ini menampilkan ciri khas dari Windows Phone.

Pin to Start BBM memanfaatkan fitur khas ala WP yaitu Pin to Start dengan menampilkan shortcut ke halaman muka. Cara ini untuk memudahkan pengguna agar lebih cepat terhubung dalam suatu chat di mana pengguna dapat memunculkan icon tiles untuk masing-masing group chat atau individual chat pada Start screen. BBM Chats Fitur andalan ini merupakan sarana berkomunikasi yang sangat disukai pengguna. Pengguna dapat melihat semua perbincangan pada halaman BBM Chats, baik secara personal ataupun grup. Sebagai notifikasi, pengguna akan mendapati tanda R (Read) atau D (Delivered) untuk menginformasikan bahwa pesan telah terbaca atau terkirim.

Dan layaknya aplikasi chat lainnya, BBM Chat juga memiliki fungsi lain dalam hal mengirim data berupa lampiran (attachment) dalam format gambar, audio, lokasi, ataupun nomor kontak. BBM Groups Juga merupakan fitur yang ada di platform lain, dengan BBM Groups, pengguna bisa membuat kelompok dan melakukan percakapan dengan beberapa orang sekaligus dengan jumlah maksimal hingga 50 orang. Fitur ini juga bisa melakukan pengiriman data dalam berbagai format file, persis dengan fitur di BBM Chats.

Find Friends Pengguna dapat mencari sesama pengguna BBM dan menjadikan mereka teman pada daftar kontak BBM dengan BBM PIN ataupun menggunakan barcode. Anda juga bisa mengajak teman untuk bergabung dengan menggunakan barcode, PIN, Email, ataupun SMS.

BBM Feeds Melalui BBM Feeds, Anda bisa mengetahui segala aktivitas sesama pengguna yang ada di daftar kontak. Anda dapat mengetahui jika pengguna lain melakukan pembaruan status, mengganti foto, dan lainnya. Anda pun bisa memanfaatkan BBM Feeds untuk membuat status baru.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *